Penyebab Lampu Indikator Menyala Terus yang Harus Diwaspadai

0 0
Read Time:1 Minute, 5 Second

JAKARTA – Alasan lampu indikator tetap menyala terkadang membuat pengendara khawatir karena menandakan ada masalah pada mobil.

Dalam keadaan normal, lampu indikator pada dashboard mobil akan langsung menyala dan mati saat kunci diputar ke posisi “ON”.

Mengutip situs resmi Suzuki, jika lampu peringatan mobil tetap menyala berarti mobil tersebut rusak dan perlu segera diperbaiki. Membiarkan indikator tetap menyala dapat mengganggu konsentrasi saat bepergian.

Lampu indikator mobil menunjukkan banyak sinyal seperti suhu, tekanan oli dan masih banyak sinyal lainnya yang bisa dilihat dari lampu indikator mobil. Berikut lima alasan mengapa lampu indikator tetap menyala:

1. Penyebab lampu indikator oli menyala

Normalnya, ketika mesin mobil kehabisan oli, indikator oli mobil akan tetap menyala. Hal ini bisa diatasi dengan mengganti oli mesin mobil kembali. Harus diganti lagi, jangan menambahkan oli baru pada oli lama, karena dapat merusak mobil.

2. Lampu indikator “Periksa mesin” menyala.

Ini bagian terpenting, jika lampu check engine menyala berarti mesin rusak atau ada yang tidak beres pada mesin. Pertama, Anda bisa memeriksa mesin mobil apakah ada kerusakan atau malfungsi, agar tidak terjadi kerusakan besar.

3. Lampu peringatan ABS menyala

Sama seperti lampu peringatan mobil lainnya, jika lampu peringatan ini tetap menyala maka bisa dipastikan ABS mobil tersebut rusak atau ada yang tidak beres pada ABS mobil tersebut. Hal ini perlu segera Anda perbaiki untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %