Temukan Mata Air Tersembunyi, Joko Sulistyo Selamatkan Desa Pucung dari Kekeringan

0 0
Read Time:2 Minute, 5 Second

Wonogiri – Anggota pecinta alam KMP Giri Bahama Universitas Muhammadiyah Solo, Joko Sulistyo, menjelajahi 13 gua untuk mencari tambahan sumber daya bagi warga yang mengalami kekeringan.

Kegiatan menelusuri 13 gua ini dilakukan Joko karena turut prihatin dengan keadaan warga Desa Pucung, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah yang kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Di sana, warga hanya mengandalkan satu sumber yang debit airnya tidak terlalu besar. Sehingga banyak warga yang harus mencari sumber alternatif jauh dari kota. Menurut Joko, warga desa harus berjalan beberapa kilometer untuk mendapatkan air sebanyak 10 hingga 20 liter saja.

Ribuan warga di wilayah Wonogiri dan Gunung Kidul pada puncak musim kemarau harus membeli air ke Kota Yogyakarta untuk keperluan minum. Situasi tersebut dirasakan oleh 544 kepala keluarga atau 2.350 warga di Desa Pucung.

Mandi saja belum tentu sehari sekali, kata Joko dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat, 26 Oktober 2023 di Jakarta.

Setelah memasuki 13 gua, Joko menemukan hanya satu gua yang didalamnya terdapat air. Gua tersebut adalah Gua Suruh.

“Guanya ada 13 dan ketika saya masuk ke Gua Suruh, saya menemukan ada sungai di dalamnya. “Satu-satunya gua yang ada airnya,” jelasnya

Saat itu, Joko menyampaikan kepada warga desa bahwa air di Gua Suruh bisa naik ke atas dan menjadi sumber air tambahan bagi warga.

Namun, Joko punya kendala terkait drainase air di kota tersebut. Keadaan semakin sulit karena tidak ada satupun warga desa yang berani memasuki gua Suruhu.

Joko kemudian mengajak Ashari, Kepala Desa Pucung, untuk melihat langsung air yang ada di dalam gua tersebut. Usai berfoto, mereka menunjukkan kepada warga desa lokasi sumber air. Pada akhirnya, warga mau bekerja sama untuk bergerak bersama.

Warga menyumbangkan tenaga, pejabat kota mencari pendanaan dari APBD, Joko dan kawan-kawan dari Giri Bahama menyumbangkan keahlian, pemikiran dan waktu untuk mewujudkan proyek tersebut dan para donatur dapat berkumpul.

Kini air tersebut bisa didorong ke atas, hingga ke menara air yang terletak di atas bukit, hingga mengalir ke Desa Pucung. Hasilnya, masyarakat bisa mendapatkan air dari tangki penyimpanan di sekitar kota kapan saja.

Berkat usaha dan ketekunan Joko, ia menjadi penerima SATU Indonesia Awards bidang lingkungan hidup pada tahun 2013. Program ini digagas Astra untuk menjaring generasi muda Indonesia yang memiliki aktivitas bermanfaat bagi masyarakat sekitar di seluruh nusantara. Mentan sebut upaya pemompaan untuk menjaga pasokan pangan dalam menghadapi kekeringan berkepanjangan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengungkapkan, bantuan pemompaan air ke sawah dan pertanian, atau dikenal dengan istilah pemompaan, merupakan upaya pemerintah meningkatkan produksi beras yang dipertahankan sarkarinaukrirojgar.com.co. .id 19 Juni 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %