Tingkatkan Kompetensi Wartawan, UKW UMJ Digelar untuk Pertama Kalinya di PWM Jatim

0 0
Read Time:2 Minute, 1 Second

sarkarinaukrirojgar.com JAKARTA – Kompetisi jurnalisme Universitas Muhammadiyah Batavia (UKW UMJ) untuk pertama kalinya digelar di Gedung Pimpinan Wilayah (PWM) Muhammadiyah Jawa Timur dekat pihak berwenang. Hal ini sebagai upaya meningkatkan profesionalisme jurnalis bersama Muhammadiyah.

IR Tamhid Mashudi, Ketua PWM Jawa Timur, mengatakan media di organisasi yang tergabung dalam Media Affiliatemu ini memiliki kekuatan yang tidak biasa.

“UKW juga harus berbenah, karena masih banyak anggota pendiri Muhammadiyah yang berprofesi sebagai jurnalis, dan Muhammadiyah yang selalu mengedepankan karya-karya baik,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (4/3/2024). )

Dia menambahkan bahwa jurnalisme yang kompeten akan bermanfaat bagi ribuan bisnis amal. Media dapat digunakan untuk menyampaikan informasi yang baik dan terpercaya.

LUKW UMJ yang diprakarsai MPI PP Muhammadiyah ini menyasar tiga kelompok jurnalis Muhammadiyah, kata Roni Tabroni, Wakil Ketua Perpustakaan dan Majelis PP Muhammadiyah.

“Ada tiga link di Muhammadiyah. Yang pertama adalah media resmi Muhammadiyah. Misalnya Suara Muhammadiyah, TVMu, Muhammadiyah.or.id, dan PWMU.CO. Yang kedua adalah klaster media Muhammadiyah.” yang ada di media umum di luar media resmi muhammadiyah dan terkait.

Seperti diketahui, jumlah media Muhammadiyah terus bertambah dari tahun ke tahun. Dengan demikian, LUKW di lingkungan Muhammadiyah dapat mengajukan permohonan ke UKW lebih dari satu kali.

“UKW berikutnya, UAD bersiap menjadi tuan rumah UKW pada bulan Mei.”

Selain itu, Roni mengatakan, ujian kompetensi penting bagi jurnalisme karena jurnalisme adalah sebuah profesi. Menurutnya, media yang disebar ke masyarakat sangat efektif.

Direktur LUKW UMJ Dr Tria Patrianti mengatakan UKW merupakan program pertama yang diselenggarakan di PWM Jawa Timur. PWM Jatim merekomendasikan untuk melaksanakan proyek program Dewan Perpustakaan dan Informasi (MPI) bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Jakarta.

“UKW merupakan program strategis MPI dan UMJ untuk meningkatkan profesionalisme jurnalis Muhammadiyah. Dalam pelaksanaan LUKW UMJ selalu menjadi subyek pilihan dalam setiap rangkaian mata pelajaran percontohan. “Di setiap UKW selalu ada yang tidak ikut. lewat,” kata Tria.

Lebih lanjut, Tria mengatakan, LUKW UMJ yang dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Konsili Vatikan 18 Tahun 2020 telah mengarah pada UKW tahun sembilan puluhan dengan wartawan dari media umum Muhammadiyah atau media umum. Ketiga peserta diinstruksikan untuk menjalankan tugasnya sebagai reporter profesional. Ia meyakini upaya komunikasi media massa dengan Muhammadiyah merupakan sarana dakwah bagi Persatuan Muhammadiyah.

Di UKW, 26 jurnalis, termasuk 23 jurnalis muda dan tiga jurnalis kategori utama, mengikuti serangkaian makalah percontohan yang menanyakan tentang etika jurnalistik, hukum dan kebijakan jurnalistik, nasehat dan penulisan. DLL. Jurnalis berasal dari media yang terafiliasi dengan muhammadiyah seperti Matan, mahaltabligh.id, pwmu.co, TvMu, pwmtv dan lain-lain.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
50 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
50 %