Program Joint Degree Prodi HI UPN Veteran Jakarta dengan Ablaikhan University Kazakhstan Siap Dibuka

0 0
Read Time:1 Minute, 38 Second

JAKARTA – Program Studi Hubungan Internasional (HI) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UPN veteran Jakarta telah menyelesaikan persiapan tahap akhir untuk membuka Program Studi Bersama dengan Departemen Hubungan Internasional Universitas Hubungan Internasional Ablaikhan dan Bahasa Dunia, Kazakhstan.

Proses finalisasi kerjasama internasional ini dilakukan di kampus Ablaikhan University, Almaty Kazakhstan, melalui kunjungan langsung delegasi Program Studi Veteran HI FISIP UPN Jakarta pada tanggal 19-22 Februari 2024. Langkah ini merupakan kelanjutan dari Memorandum of Understanding (MOU) kerjasama dengan internasionalisasi akademik telah disepakati sebelumnya pada tahun 2022.

Delegasi UPN Veteran Jakarta yang dipimpin Koordinator Kurikulum Hubungan Internasional Wiwiek Rukmi Dwi Astuti dan Sekretaris Kurikulum M. Chairil Akbar Setiawan tiba di Almaty, Kazakhstan pada Senin (19/2/2024). Mereka disambut hangat oleh beberapa pejabat dari rektorat, fakultas dan departemen Universitas Ablaikhan.

Di antara pejabat yang hadir adalah Wakil Rektor Bidang Pembangunan Strategis, Dana Kunanbayeva. Wakil Presiden Bidang Akademik, Assel Chaklikova. Wakil Rektor Bidang Kerja Sama Internasional, Zhanar Zhyltyrova. serta beberapa pejabat lainnya.

Dalam dua hari tersebut, sejumlah isu penting dibahas, khususnya mengenai konversi SKS, pemilihan mata kuliah, jumlah ijazah yang akan diberikan, metode studi dan magang, serta mekanisme penyelesaian tugas akhir. Sinkronisasi program studi kedua universitas menjadi aspek krusial dalam persiapan pembukaan Kurikulum Bersama.

Pertemuan tersebut berjalan sukses dan menghasilkan beberapa kesepakatan penting. Kesepakatan tersebut salah satunya adalah dibukanya Program Studi Bersama antara Program Studi HI FISIP UPN Veteran Jakarta dengan Universitas Ablaikhan yang akan dimulai pada semester ganjil tahun ajaran 2024-2025.

Pengiriman mahasiswa dari masing-masing universitas akan dimulai pada semester genap 2025-2026 atau Januari 2025. Mahasiswa program ini akan menghabiskan empat semester studi di universitas tujuan.

Kurikulum Bersama ini pada dasarnya merupakan upaya UPN Veteran Jakarta untuk meningkatkan mutu akademik mahasiswanya dalam semangat internasionalisasi akademik. Kursus internasional pertama akan dibuka pada Juni 2024, yang merupakan wadah kurikulum bersama dengan Ablaikhan University, Kazakhstan.

Universitas Ablaikhan adalah salah satu universitas terkemuka di Kazakhstan yang berfokus pada studi hubungan internasional dan menawarkan pembelajaran dalam 14 bahasa asing.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
100 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %