slot jepang
0 0
Read Time:1 Minute, 21 Second

JAKARTA – Pakaian adat yang dikenakan Jokowi kerap menyedot perhatian saat menjadi inspektur upacara HUT Republik Indonesia (RI) di Istana Merdeka.

Sejak tahun 2017, tradisi Jokowi mengenakan pakaian adat sudah berlangsung dari tahun ke tahun. Lantas, baju adat daerah apa saja yang akan dikenakan Presiden Jokowi saat upacara bendera HUT RI dan baju adat apa yang akan dikenakannya di IKN nanti? Berikut ulasan yang dimuat di website Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Baca Juga: Filosofi Pakaian Adat Betawi yang Dikenakan Presiden Jokowi di Sidang Tahunan MPR

Pakaian Adat Jokowi 1. Pakaian Adat Tanah Bumbu (2017)

Di tahun pertamanya menjabat Inspektur Upacara HUT ke-72 RI, Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat khas Tanah Bumbu, Batulisin, Kalimantan Selatan.

Pakaian adat yang paling dikenal adalah penggunaan kain tenun pegatan pada bagian sarungnya, serta penutup kepala atau panjang.

Sarang konon digunakan sebagai simbol terampil dan pekerja keras. Pada saat yang sama, tanda di Long adalah otoritas dan kekuasaan.

2. Pakaian Adat Aceh (2018)

Presiden Jokowi pernah mengenakan pakaian adat Aceh saat menjadi inspektur upacara HUT ke-73 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2018.

Berbeda sekali dengan tahun-tahun sebelumnya, pakaian adat Aceh terdiri dari penutup kepala yang disebut kupiya mertop, terbuat dari teteron berwarna merah, hijau, kuning, dan hitam.

Presiden kemudian mengenakan kemeja hitam panjang bernama bajee yang dihiasi sulaman kasab.

3. Pakaian Adat Klungkung, Bali (2019)

Pada tahun 2019, Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat Klungkung dari Bali. Keluarga kerajaan di Bali biasanya mengenakan pakaian adat Klungkung untuk menghadiri acara kenegaraan.

Saat memimpin upacara HUT ke-74 Republik Indonesia, Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat klangkung berwarna hitam dengan warna coklat, beserta pakaian bawah dan penutup kepala.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %