slot jepang
0 0
Read Time:1 Minute, 37 Second

sarkarinaukrirojgar.com, JAKARTA – Kebiasaan mengonsumsi garam berlebihan disebut-sebut meningkatkan risiko perkembangan ginjal. Spesialis penyakit dalam dari Rumah Sakit Distrik Xayburi, Dr. Anton Isdijanto, Sp.PD mengatakan, batas boleh mengonsumsi garam sebaiknya lima gram atau sekitar satu sendok teh per hari jika melihat pedoman Kementerian Kesehatan.

Di Indonesia belum ada penelitian mengenai jumlah kalori yang diperlukan di luar makanan instan, terutama makanan yang tinggi garam, tinggi gula, tinggi kalori, kata Anton dalam diskusi online di Jakarta, Sabtu ( 20/7)/2024).

Ia mencontohkan, ketika mie instan dikonsumsi, jumlah garam yang masuk ke dalam tubuh bisa sekitar 3,7 hingga 3,8 gram. Jumlah tersebut belum termasuk kandungan gula pada bumbu atau lauk lain yang ditambahkan pada mie.

“Yang kita cari adalah makanan instan, mie instan, menggunakan ayam goreng, tepung, garam, tidak menggunakan bumbu yang tinggi garam. Terakhir apa? Saya mengidap hipertensi sebagai penyakit metabolik,” kata Anton.

Karena kelebihan garam, ginjal terpaksa bekerja lebih keras untuk mengeluarkan garam dan jantung membuat aliran darah lebih cepat. Tekanan darah tinggi kemudian merusak pembuluh darah di ginjal, sehingga kemampuan ginjal dalam menyaring zat yang masuk ke dalam tubuh menurun.

Jika hal ini terus berlanjut, kualitas dan bentuk ginjal akan terpengaruh dan penderitanya mungkin memerlukan alat bantu seperti mesin hemodialisis. Tekanan darah dalam tubuh umumnya juga meningkat.

“Pada dasarnya seperti air minum, air mengalir karena dipompa, air bisa diminum jika disaring, maka darah kita dipompa oleh jantung, dialirkan melalui pembuluh darah dan disaring oleh ginjal.” Stres, jantung terpompa dan efeknya ada di filter, ”kata Anton.

Anton mengakui banyak orang yang mulai mengalami gagal ginjal pada usia di bawah 27 tahun. Selain pola makan, penyebab lainnya adalah pola hidup yang tidak sehat seperti kurang tidur dan jarang berolahraga. Oleh karena itu, diimbau agar permasalahan ini dianggap sebagai permasalahan umum dan merupakan saat yang tepat untuk menjalani pola hidup sehat seperti memperbanyak konsumsi sayur dan buah, mengurangi konsumsi garam dan makanan cepat saji serta rajin berolahraga di sela-sela kesibukan.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %