slot jepang
0 0
Read Time:1 Minute, 29 Second

NEW DELHI – Sungai di seluruh dunia memiliki cara unik untuk mengalir mundur atau berubah arah. Salah satu penyebabnya adalah peristiwa seismik seperti gempa bumi.

Sebuah studi baru menunjukkan bagaimana gempa bumi besar 2.500 tahun lalu menyebabkan Sungai Gangga, salah satu sungai terbesar di planet ini, tiba-tiba berubah arah.

Seperti dilansir IFL Science, penemuan ini merupakan perkembangan baru karena para ilmuwan sudah mengetahui tentang fenomena perubahan aliran sungai yang dalam ilmu pengetahuan disebut avulsi.

Namun, masih belum ada bukti kuat yang menunjukkan bahwa gempa bumi dapat menyebabkan banjir, terutama di sungai sebesar Sungai Gangga.

Sungai Gangga saat ini mengalir sejauh 2.575 km (1.600 mil) dari Himalaya hingga Teluk Benggala. Sistem sungai ini merupakan yang terbesar kedua di dunia dalam hal debit air setelah Sungai Amazon, karena terbentuk dari pertemuan beberapa sungai lain, termasuk Brahmaputra dan Meghna.

Para ilmuwan telah menemukan bukti melalui citra satelit bahwa gempa tersebut mengubah aliran Sungai Gangga. Mereka menemukan bahwa bekas aliran utama Sungai Gangga mengalir sejajar dengan aliran sungai saat ini, dengan jarak sekitar 100 km (62 mil).

Pada tahun 2018, saat meneliti kawasan tersebut, ia menemukan fenomena menarik di sepanjang tepi sungai yang disebut seismograf.

Gempa bumi disebabkan oleh gempa bumi dan terbentuk oleh tersingkapnya retakan pasir vertikal melalui lapisan tanah horizontal.

Perubahan aliran Sungai Gangga akibat gempa ini kemungkinan besar akan berdampak pada peradaban dan ekosistem sekitarnya.

Para ilmuwan masih menyelidiki dampak jangka panjangnya, namun penelitian ini memberikan wawasan baru tentang bagaimana kekuatan alam dapat mengubah lanskap bumi secara dramatis dalam waktu singkat.

Penelitian ini menunjukkan pentingnya mempelajari dampak gempa bumi tidak hanya terhadap infrastruktur dan manusia, tetapi juga terhadap sistem sungai dan lingkungan sekitar.

Dengan memahami dampak gempa bumi terhadap sungai, kita dapat mengembangkan strategi yang lebih baik untuk mengurangi risiko dan melindungi ekosistem yang rapuh.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %