Investasi di IKN Tembus Rp 56,2 Triliun, Ini 5 Sektor Paling Diminati

0 0
Read Time:3 Minute, 0 Second

sarkarinaukrirojgar.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah jajarannya menggelar sidang kabinet pertama di Ibu Kota Kepulauan (IKN), Senin (12/8/2024). Saat itu, ia juga menjelaskan realisasi investasi di ibu kota baru yang mencapai Rp 56,2 triliun.

“Hari ini di luar anggaran APBN, investasi dalam negeri Rp56,2 triliun dari Rp55 triliun, ini terobosan,” kata Jokowi, Senin (12/8/2024).

Jokowi mengatakan, ada 55 proyek di IKN yang peletakan batu pertamanya (dilembagakan) dengan investasi tersebut.

“6 pendidikan, 3 kesehatan, 10 perdagangan dan logistik, 8 hotel, 2 energi dan transportasi, 14 perkantoran dan perbankan, 9 perumahan dan ruang hijau, 3 periklanan dan teknologi,” jelasnya.

Sementara itu, pada rapat pemerintah pertama, RI 1 juga menyampaikan ambisinya untuk mendorong pemerataan ekonomi dengan IKN. Sehingga roda perekonomian nasional tidak terlalu bergantung pada Pulau Jawa.

“Kalau kita tahu, salah satu alasan pemindahan ibu kota karena kita ingin keseimbangan karena kita tahu 58 persen PDB perekonomian ada di Pulau Jawa. Jadi kita ingin kita bandingkan yang di luar Pulau Jawa dengan revolusi ekonomi – tegasnya.

Selain itu, Jokowi mengeluhkan beban yang terlalu berat bagi penduduk Pulau Jawa yang 56 persen penduduk Indonesia tinggal di pulau ini.

“Ini juga penting bagi kita untuk memindahkan ibu kota. Tentu saja beban ibu kota, Jakarta, sangat berat,” kata Jokowi.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi juga sempat hadir di Kota Nusantara (IKN) pada Agustus ini. Presiden Jokowi mengunjungi IKN setiap bulan untuk melakukan terobosan dan melihat kemajuan proyek infrastruktur.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sekaligus Plt Ketua Badan IKN Basuki Hadimuljono menjelaskan, empat perpecahan tersebut akan dipatahkan pada konferensi revolusi IKN ke-7 pada pekan ini.

Selain itu, Jokowi juga dijadwalkan berkantor di Istana Garuda IKN Kalimantan Timur pada 11-14 Agustus 2024.

Ada empat permintaan dari pemerintah IKN, kata Basuki dikutip Antara, Senin (12/8/2024).

Bangunan yang akan dihancurkan Presiden Jokowi adalah lembaga keuangan dan museum.

BBCA dua di bidang keuangan, dan Intiland di bidang kepemilikan, lalu RGE (Royal Golden Eagle) grup Hotel Nusantara, kata Basuki.

Selain Presiden Jokowi, Wakil Presiden RI Maruf Amin juga dijadwalkan akan meletakkan batu pertama pembangunan Gedung Parlemen II di IKN.

Presiden Jokowi dijadwalkan menggelar Rapat Kabinet di Gedung IKN Garuda pada Senin, 12 Agustus 2024. Kali ini diharapkan seluruh menteri hadir.

Prabowo Subianto, Presiden terpilih Republik Indonesia (RI) periode 2024-2029 berjanji akan menyelesaikan proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur. Prabowo memastikan perkembangan IKN yang dimulai pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi tidak akan berhenti.

Hal itu diungkapkan Prabowo kepada wartawan sebelum menghadiri Rapat Pertama Majelis Nasional di Istana Garuda IKN, Senin (12/8/2024). Hal itu diutarakan Prabowo di hadapan Jokowi dan anggota kabinet Indonesia lainnya.

Saya kira sudah berkali-kali saya sampaikan untuk dilanjutkan jika saya bisa menyelesaikan (pembentukan IKN), kata Prabowo di lapangan Embung MBH IKN, Senin.

Menurutnya, keputusan lama yang diambil Jokowi dengan memulai pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur. Untuk itu, Prabowo akan berusaha semaksimal mungkin untuk melanjutkan dan menyelesaikannya.

“Saya kira Pak Jokowi sudah mengambil peran sebelumnya sebagai aktivis, dan saya akan melanjutkannya jika memungkinkan dan ikut serta pada akhirnya,” ujarnya.

 

Menhan memahami IKN merupakan proyek penting yang tidak bisa diburu-buru. Meski demikian, Prabowo yakin IKN bisa menjadi ibu kota negara hingga tiga tahun ke depan.

“Meski kita tahu bahwa membangun kota bukanlah tugas yang singkat, namun merupakan tugas yang panjang dan sulit. Namun saya yakin setelah 3, 4, 5 tahun, ibu kota ini akan mampu mencapai tujuan kerjanya.” dia menjelaskan.

Saya kira kalau kita lihat, percaya diri dan nanti kita akan melihat manfaat dari transisi ini, meski itu berarti masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan, lanjut Prabowo Subianto.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %