Manusia Mana yang Peradabannya Paling Lama di Dunia?

0 0
Read Time:2 Minute, 17 Second

sarkarinaukrirojgar.com Education – Beberapa peradaban seperti Mesir, China dan Mesopotamia diketahui merupakan peradaban kuno. Tapi, apakah mereka masuk dalam kategori multikultural? Ada banyak variabel dalam menentukan jawaban atas pertanyaan ini. Pertama, para sejarawan dan arkeolog modern tidak sepakat mengenai satu definisi tunggal mengenai kebudayaan, termasuk kapan suatu kebudayaan dimulai dan kapan suatu kebudayaan berakhir, dan banyak pakar mempertanyakan apakah kebudayaan dapat diukur dengan cara ini. Kedua, semua peradaban besar mengalami periode pemerintahan “asing”, seperti Hyksos di Mesir. Pasalnya, sulit mengetahui apakah hal seperti itu bisa dianggap sebagai budaya berkelanjutan. Ketiga, budaya di awal hubungan mungkin berbeda dengan budaya di akhir hubungan. Oleh karena itu, banyak sejarawan dan arkeolog kuno tidak menganggap konsep “peradaban” berguna. Di sisi lain, mereka lebih suka mengekspresikan budaya dan tradisi.

Segalanya berbeda 100 tahun yang lalu, ketika para sejarawan dan arkeolog dengan senang hati menyebut budaya tertentu sebagai “budaya”.

Kembali ke tiga peradaban kuno, Tiongkok cenderung menjadi peradaban yang abadi. Konsep ini didasarkan pada parameter yang berbeda, seperti penggunaan dokumen, penciptaan kota atau kelanjutan tradisi.

Berdasarkan penggalian di Tiongkok modern awal, termasuk reruntuhan kebudayaan Neolitik Liangzhu di Delta Sungai Yangtze, kebudayaan Tiongkok terkadang dikatakan berusia lebih dari 5.000 tahun.

Namun, beberapa sejarawan menganggap Tiongkok modern sangat berbeda dari masa lalu sehingga tidak dapat disebut sebagai kebudayaan yang berkelanjutan.

“Saya tidak berpikir apa yang terjadi di Tiongkok saat ini ada hubungannya dengan apa yang terjadi, katakanlah, pada tahun 1949 [Revolusi Tiongkok di bawah Mao Zedong] atau 1911 (Revolusi Xinhai yang mengakhiri dinasti terakhir Tiongkok),” kata Julia Schneider. . . , sejarawan University College Cork di Mesir dan Mesopotamia

 

Mesir Kuno dan Mesopotamia dianggap sebagai peradaban tertua yang masih bertahan di Tiongkok.

Menurut sebuah kompilasi, diukur dari zaman firaun pertama dan penggunaan naskah hingga saat agama pertama digantikan oleh agama Kristen, kebudayaan Mesir kuno bertahan sekitar 3.500 tahun.

Namun, Mesir terkadang diperintah oleh dinasti asing, dan dalam beberapa kasus, hieroglif dan agama Mesir mengambil bentuk yang berbeda dalam beberapa kasus.

Sementara itu, di Mesopotamia, B.C. Penulisan Sumeria dimulai sekitar tahun 3200 M, dan pemujaan Mesopotamia dimulai sekitar tahun 3200 M. diyakini berlanjut hingga abad ketiga.

Menurut Philip Jones, kurator dan kurator Museum Penn bagian Babilonia di Philadelphia, berdasarkan angka-angka tersebut, Mesopotamia dapat dianggap bertahan bersamaan dengan kebudayaan Mesir.

“Apa yang kebanyakan orang maksudkan dengan ‘peradaban’ harus dipahami sebagai sistem politik tingkat tinggi yang kehilangan fokusnya jika dilihat lebih dekat,” kata Jones.

Ia menambahkan, “Namun, jika sejarah tidak dipandang sebagai rangkaian peristiwa yang sangat kecil, maka sejarawan diharapkan mencoba memecah sejarah menjadi bagian-bagian yang lebih sederhana.” Keluar! Bastian Zulyeno mengatakan rahasia di balik keindahan pakaian Persia Sebagai pakar studi Persia dan Guru Besar Sastra Arab Universitas Indonesia Departemen Ilmu Budaya, Bastian Zulyeno mengatakan karpet merupakan kerajinan tangan tertua di dunia sarkarinaukrirojgar.com.co.id 27 September 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %