Tren Belanja Online Melonjak, Shopee Jadi Platform yang Paling Banyak Dipilih dan Digunakan UMKM

0 0
Read Time:2 Minute, 45 Second

sarkarinaukrirojgar.com – Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia. Usaha kecil dan menengah merupakan tulang punggung yang kuat dan telah berkontribusi besar terhadap penciptaan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi.

Di era digital saat ini, peluang dan solusi baru bermunculan bagi UKM untuk mempertahankan dan memanfaatkan potensi bisnis mereka. Khususnya melalui e-commerce yang telah menjadi platform penjualan yang dipercaya oleh para pelaku usaha lokal di Indonesia.

Studi yang dilakukan pekan lalu oleh Institute of Economic Development and Finance (INDEF) bertajuk “Peran Platform Digital dalam Perkembangan UMKM di Indonesia” mengungkapkan bahwa 34,25% pelaku UMKM telah memilih aplikasi digital seperti e-commerce dan e-commerce. perdagangan. Media sosial sebagai tempat utama berjualan online.

Studi tersebut menemukan bahwa 50% UKM, atau lebih dari separuh total responden, memilih Shopee sebagai platform utama yang mereka gunakan untuk berjualan online pada tahun lalu. Selain aplikasi e-commerce, MKB juga aktif memanfaatkan media sosial seperti Facebook Marketplace dan Instagram Marketplace sebagai platform penjualan online.

Digitalisasi UKM menunjukkan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia yang positif dari tahun ke tahun. Google, Temasek, dan Bain memperkirakan ekonomi digital Indonesia akan tumbuh hingga $109 miliar pada tahun 2025. Bahkan pada tahun 2030, ekonomi digital Indonesia diperkirakan mencapai $210 miliar hingga $360 miliar.

Pertumbuhan tersebut tidak lepas dari tingginya nilai transaksi sektor e-commerce yang menjadi kontributor utama ekosistem ekonomi digital Tanah Air. Ketersediaan platform e-commerce ini membuka banyak peluang bagi pelaku UMKM untuk lebih mengembangkan bisnis onlinenya.

Selain aplikasi e-commerce Shopee, aplikasi media sosial seperti Facebook Marketplace (33,46%), Instagram Shop (28,74%) dan TikTok Shop (20,87%) paling banyak digunakan oleh pelaku UMKM pada tahun lalu. Aplikasi media sosial Facebook dan Instagram memungkinkan pengguna untuk memasarkan bisnis mereka melalui berbagai fitur seperti Feed, Story dan Marketplace/Shop.

Studi INDEF juga menganalisis situs penjualan online yang “paling banyak digunakan”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, Shopee menduduki peringkat pertama sebagai aplikasi yang paling banyak digunakan oleh para pelaku UMKM dengan share sebesar 36,22%, disusul oleh Facebook Marketplace (18,50%) dan Online Food Delivery (16,93%) seperti GoFood, GrabFood, dan the menyukai. Makanan Shopee. Diskusi Publik Riset INDEF: Peran Platform Digital dalam Perkembangan UKM di Indonesia

Merujuk temuan riset INDEF, ada tiga alasan utama pelaku UMKM menerapkan digitalisasi pada usahanya. Tiga alasan teratas mencakup kepraktisan berjualan online (79,13%), peningkatan eksposur/traffic (72,83%) dan potensi pertumbuhan bisnis yang lebih cepat (69,69%).

Izzudin Farras, peneliti di Pusat Ekonomi Digital dan UKM INDEF, mengungkapkan bahwa meskipun ada pertumbuhan, keterampilan digital masih menjadi tantangan bagi UKM untuk mengakses digitalisasi.

“Salah satu cara pelaku UMKM menghadapi persaingan bisnis adalah dengan mengikuti program pendidikan atau pelatihan UMKM yang dilakukan oleh berbagai platform e-commerce,” jelasnya.

Berdasarkan studi tersebut, persaingan yang ketat antar pelaku usaha pada platform digital (96,46 persen) dan kurangnya keterampilan tenaga kerja dalam menggunakan platform digital (83,46 persen) menjadi beberapa tantangan utama.

Namun, kini semakin banyak pelaku UMKM yang menyadari pentingnya penggunaan platform digital dan dampak positif digitalisasi terhadap bisnisnya, kata Izzudin. Oleh karena itu, para pelaku UMKM diharapkan terus melakukan inovasi baik dari segi produk, layanan, maupun strategi untuk menarik konsumen dalam menghadapi persaingan bisnis online yang semakin ketat. E-reseller.cloud, platform baru untuk pengelolaan domain dan SSL di Indonesia, dirancang untuk memenuhi kebutuhan perusahaan akan pengelolaan domain dan sertifikat SSL. sarkarinaukrirojgar.com.co.id 7 September 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %