Awas Minum Teh Manis saat Buka Puasa Berisiko Tinggi Dehidrasi

0 0
Read Time:1 Minute, 34 Second

JAKARTA – Teh manis menjadi salah satu minuman yang diminum kebanyakan orang saat berbuka puasa. Pasalnya, teh manis dipercaya mampu mengembalikan energi tubuh yang hilang setelah seharian berpuasa.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat meminum teh manis saat istirahat. Pertama adalah kandungan gulanya, dimana teh manis biasanya mengandung gula yang cukup banyak, apalagi jika ditambahkan gula dalam jumlah yang berlebihan.

Konsumsi gula yang berlebihan dapat menyebabkan kenaikan gula darah secara cepat dan kemudian diikuti dengan penurunan tajam. Kondisi ini dapat meningkatkan rasa lapar dan haus.

Teh, terutama teh berkafein, memiliki efek diuretik yang dapat meningkatkan produksi urin dan menyebabkan dehidrasi jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Namun teh manis mungkin tidak menyebabkan dehidrasi jika dikonsumsi dalam jumlah sedang dan diimbangi dengan asupan air yang cukup.

SINDOnews Foto/Infografis

“Siapa yang suka menyelesaikan masalah dulu dengan teh manis? Buat teman-teman, lebih baik minum satu atau dua gelas air mineral,” ujar dokter sekaligus pembuat konten kesehatan, Dr. Kevin Mak, dikutip di akun Instagram pribadinya, @drkevinmak, Senin (11/3/2024).

“Karena membukanya dengan teh manis bisa meningkatkan risiko dehidrasi. Tapi kalau minum air putih atau air mineral tidak masalah,” lanjutnya.

Di sisi lain, teh mengandung kafein yang dapat memberikan efek stimulasi pada tubuh. Meski kandungan kafein pada teh tidak setinggi kopi, namun konsumsi kafein berlebihan dapat mengganggu tidur dan mengganggu pola tidur selama bulan Ramadhan.

Terlalu banyak minum teh manis saat berbuka puasa juga bisa meningkatkan risiko kerusakan gigi karena kandungan gulanya yang tinggi. Gula dalam minuman manis dapat menyebabkan plak dan kerusakan gigi jika tidak diimbangi dengan kebersihan mulut yang baik.

Mengingat faktor-faktor di atas, maka disarankan untuk mengonsumsi teh manis secara bijak selama masa pembibitan. Anda bisa membatasi jumlah tambahan gula atau menggantinya dengan pemanis alami yang lebih sehat seperti madu.

Selain itu, pastikan juga memperhatikan asupan air putih untuk mencegah dehidrasi dan meminimalkan asupan kafein agar tubuh tetap seimbang selama bulan puasa.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %