Apple Klaim Baterai iPhone 15 Punya Masa Pakai Dua Kali Lipat dari yang Dijanjikan 

0 0
Read Time:2 Minute, 11 Second

sarkarinaukrirojgar.com, JAKARTA – Apple memperbarui daya tahan baterai iPhone 15. Perusahaan mengatakan pada Selasa (20/2/2024) bahwa iPhone barunya dapat mempertahankan 80 persen kapasitas pengisian daya aslinya setelah 1.000 siklus, dua kali lipat perkiraan perusahaan sebelumnya tanpa pembaruan perangkat keras atau perangkat lunak baru. 

Dilansir Engadget, Kamis (22/2/2024), bukan suatu kebetulan jika perubahan ini terjadi bersamaan dengan peraturan Uni Eropa (UE) mendatang yang mengatur tingkat energi untuk masa pakai baterai ponsel. 

Sebelumnya hari ini, dokumen dukungan online Apple menyatakan bahwa baterai iPhone mampu menahan 80 persen dari muatan penuh aslinya setelah 500 siklus. Namun setelah perusahaan menguji ulang kesehatan baterai jangka panjang pada ponsel cerdasnya pada tahun 2023, yaitu iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max, ditemukan bahwa baterai tersebut dapat mempertahankan kapasitas 80 persen setelah setidaknya 1.000 siklus. Perusahaan mengatakan dokumen pendukungnya akan diperbarui pada Selasa (27/2/2024) untuk mencerminkan perkiraan baru. 

Apple mengatakan pengujiannya mengisi dan mengosongkan baterai 1.000 kali dalam kondisi tertentu dalam serangkaian pengujian yang mencerminkan penggunaan pada umumnya. Karena perkiraannya meningkat dua kali lipat tanpa perubahan fisik atau perangkat lunak, perusahaan mengaitkan peningkatan berkelanjutan pada komponen baterai dan manajemen daya iOS. 

Untuk iPhone lama (sebelum 2023), perkiraan awal untuk mempertahankan kapasitas 80 persen setelah 500 siklus pengisian daya masih ada, setidaknya untuk saat ini. Apple mengatakan sedang mempertimbangkan apakah perkiraan perlu diperbarui untuk model lama. 

Mulai Juni 2025, produsen ponsel cerdas dan tablet yang menjalankan bisnis di UE akan diberi nilai (A hingga G) yang menunjukkan efisiensi energi, masa pakai baterai, perlindungan dari debu dan air, serta ketahanan terhadap tetesan yang tidak disengaja. Daya tahan baterai di kelas tersebut memerlukan setidaknya 800 siklus pengisian daya dengan tetap mempertahankan setidaknya 80 persen dari kapasitas aslinya, yang membantu menjelaskan mengapa Apple mulai memeriksa kembali kesehatan perangkatnya dalam jangka panjang. 

Untuk masa pakai baterai yang ideal, Apple merekomendasikan untuk menjaga suhu ponsel Anda antara 62 dan 72 derajat Fahrenheit jika memungkinkan. Anda juga harus menghindari membiarkan ponsel Anda terisi dayanya atau berada di lingkungan yang panas (95 derajat atau lebih panas) dengan menghindari sinar matahari langsung. Selain itu, jika Anda menyimpan iPhone lama untuk waktu yang lama, sebaiknya biarkan dayanya setengah terisi. 

Selain itu, Apple akan segera memindahkan metrik baterai terpenting ponsel Anda ke bagian lain pengaturan iOS. Dimulai dengan iOS 17.4, yang saat ini masih dalam versi beta, jumlah siklus baterai akan berpindah ke pengaturan yang lebih logis di bawah Pengaturan > Umum > Tentang Kesehatan Baterai (di bawah Pengaturan > Baterai). Apple memperkenalkan penghitungan siklus baterai ke perangkat lunak selulernya di iOS 17, yang diluncurkan musim gugur lalu. 

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %